Singaraja, Pandemi Covid-19 membuat beberapa sektor vital terkena dampak yang cukup besar. Salah satunya adalah sektor pendidikan, praktik pembelajaran microteaching sebagai salah satu pendidikan bagi mahasiswa yang akan menjadi guru ataupun tenaga pendidik patut mendapat perhatian yang cukup besar. Praktik microteaching yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka (luring) menjadi dilaksanakan secara daring melalui media virtual dikarenakan dampak dari pandemi. UPT Labdikdu melakukan pengembangan panduan penilaian microteaching online dengan tujuan dapat berguna bagi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan pembelajaran praktik microteaching di masa pandemic serta menjadi komponen dalam melakukan penilain dari praktik microteaching online.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode focus group discussion (FGD) yang dimulai dari tahap pembentukan tim yang terdiri dari 4 orang dosen pengampu matakuliah microteaching dan pengelola UPT Labdikdu. Pada tahap pembentukan tim membahas mengenai penentuan materi dan penulisan panduan. Selanjutnya dilanjutkan dengan tahap diskusi yang dilaksanakan secara FGD dan dilanjutkan dengan revisi panduan berdasarkan hasil FGD. Tahap akhir dari pengembangan panduan editing video microteaching pada tahun 2020 ini adalah penggandaan berupa percetakan dokumen panduan penilian microteaching online.
I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd., selaku ketua dari pelaksana kegiatan ini berharap panduan ini dapat bermanfaat secara internal maupun eksternal Undiksha, dapat digunakan oleh dosen ataau mahasiswa sebagai panduan untuk melakukan penilaian dalam melaksanakan praktik microteaching.